Don't Miss

Prinsip Kerja Lampu PJU Tenaga Surya

By on June 15, 2018
lampu penerang jalan tenaga surya all in one

Lampu PJU tenaga surya merupakan salah satu inovasi teknologi di bidang penerangan jalan. Jika pada umumnya penerangan jalan mengandalkan tenaga listrik dari PLN, maka dengan teknologi ini sumber listrik diambil dari sinar matahari langsung. Keuntungannya jelas lebih banyak. Penggunaan listrik yang bisa lebih dari 100 watt jika menggunakan sumber PLN, maka dengan sinar matahari tidak akan sebesar itu. Apa yang diperlukan dalam menciptakan lampu tenaga surya dan bagaimana pula cara kerjanya hingga sinar matahari dapat diubah menjadi tenaga listrik yang bisa menghidupkan lampu di jalanan? Berikut ini uraian lebih lengkapnya.

# Bahan yang Dibutuhkan

Untuk menangkap sinar matahari, dibutuhkan sebuah perangkat yang bisa dibilang sangat sederhana. Namun begitu, komponen yang ada di dalamnya mempunyai kemampuan luar biasa. Nama perangkat tersebut adalah panel surya. Berikut ini beberapa komponen yang ada di dalam panel surya:

  1. Kaca pelindung dan material adhesive transparan. Komponen ini berfungsi untuk melindungi panel surya dari kondisi sekelilingnya.
  2. Antirefleksi yang berguna untuk menyerap sinar matahari yang berhasil ditangkap sekaligus meminimalisir jumlah sinar matahari yang dipantulkan kembali.
  3. Semikonduktor, baik tipe p maupun n. Komponen digunakan untuk menghasilkan medan listrik.

Selain alat di atas, satu lagi bahan yang diperlukan adalah sinar matahari. Sebab, sinar matahari inilah sumber bahan bakarnya. Dengan kata lain, dalam kondisi mendung atau daerah yang jarang terkena sinar matahari, sudah dipastikan alat ini tidak bisa berfungsi maksimal. Namun, asal di daerah tropis seperti Indonesia ini tidak perlu khawatir. Sebab, di dalam perangkat tersebut tersimpan material yang berfungsi untuk menyimpan sinar matahari. Sehingga, saat mendung, lampu tetap bisa bersinar karena masih ada tampungan sinar matahari sebelumnya.

# Cara Kerja Panel Surya

Pada prinsipnya, panel surya digunakan untuk mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. Saat sinar matahri bersentuhan dengan sel surya, maka sinar matahari tersebut kemudian diserap oleh bahan semikonduktor. Pada proses ini, maka terjadi pelepasan elektron. Saat elektron ini mencapai material semikonduktor yang lain, maka terjadilah perubahan sigma gaya pada bahan. Gaya tolak dari bahan semikonduktor inilah yang kemudian akan menyebabkan munculnya aliran medan listrik.

Sebenarnya, cukup sederhana, bukan? Namun begitu, hasilnya sungguh luar biasa. Lampu pju all in one yang biasanya menggunakan sumber sinar matahari yang pastinya membutuhkan watt sangat besar, dengan adanya alat ini, sumber bahannya lebih hemat. Sinar matahari sudah disediakan langsung oleh Sang Maha Pencipta secara gratis dan tidak akan habis hingga akhir zaman. Dengan kata lain, negara tidak akan kehabisan sumber daya penghasil listrik dengan menggunakan teknologi baru, yaitu lampu PJU tenaga surya ini.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *