Don't Miss

Mengenal Ruang Lingkup Jasa Ekspedisi Muatan Kapal Laut

By on October 16, 2018
Ruang lingkup jasa ekspedisi muatan kapal laut

Ekspedisi muatan kapal laut atau lebih sering disebut sebagai EMKL merupakan sebuah usaha atau layanan jasa yang bergerak pada bidang pengurusan dokumen serta barang ekspor impor lokal yang dilakukan dengan menggunakan alat transportasi kapal laut. Dalam proses pengerjaannya, layanan jasa yang satu ini juga melakukan pekerjaan dari pengeluaran dokumen atau pun barang yang dilakukan dari gudang pelabuhan menuju gudang pemilik barang atau pun sebaliknya yaitu proses memasukkan barang yang dilakukan dari gudang pemilik menuju gudang pelabuhan. Jenis pekerjaan ini umumnya berdasarkan pada perintah pemilik barang yang menggunakan layanan jasa tersebut.

Bekerja pada bidang logistik, ruang gerak dari jasa ekspedisi muatan kapal laut ini umumnya terbatas pada bentuk muatan dari kapal laut saja, dan tentunya hanya bagi satu pelabuhan tertentu. Dengan kata lain jika EMKL memiliki pekerjaan yang dilakukan di lain pelabuhan namun tetap satu kanwil maka ia pun harus memberikannya pada pihak KAKANWIL yang memberikan izin pendirian layanan jasa tersebut dan juga disertai dengan tembusan dari pihak ADPEL setempat. Hal tersebut umumnya telah diatur dalam undang-undang yang berkaitan dengannya.

Bagi anda yang ingin menggunakan layanan jasa ekspedisi muatan kapal laut, ada baiknya apabila anda ketahui terlebih dahulu mengenai ruang lingkup yang dimiliki EMKL itu sendiri terlebih dahulu, seperti halnya :

  • Bentuk pengurusan dokumen, baik itu shipping instruction, delivery order, packing list, invoice, V-legal, laporan surveyor, dan lainnya.
  • Pengiriman transportasi darat termasuk armada pengangkut atau trucking
  • Proses penyelesaian untuk pembayaran bea serta cukai
  • Penyelesaian untuk biaya sewa dengan penumpukan, seperti halnya uang dermaga, OPT atau OPP dan juga beragam hal lainnya yang tentu saja masih berkaitan dengan barang-barang yang ada di pelabuhan.
  • Penyediaan lapangan (lini1) atau pun gudang
  • Berbagai kegiatan, seperti halnya pengepakan, pemasangan nomor, merek, pemilihan container, timbang pengukuran, kemudian pencarian armada dan lainnya.
  • Kegiatan ekspor impor dari pemilik barang, baik itu dilakukan dengan proses pengurusan serta pengerjaan secara pribadi mengenai dokumen ekspor impor yang dibutuhkan, atau bahkan proses pengurusan dokumen yang diserahkan pada petugas layanan jasa ekspedisi muatan kapal laut yang umumnya dilakukan dengan memberikan surat kuasa terlebih dahulu. Merujuk pada hal tersebut, tidak heran jika layanan jasa EMKL kemudian memiliki tenaga ahli pada bidang ekspor impor yang berkaitan dengan penggunaan kapal laut.

Kegiatan ekspor impor

Kegiatan ekspor impor dikenal sebagai bentuk transaksi dari penjualan atau bahkan pembelian barang yang umumnya dilakukan antar negara yang satu dengan lainnya. Karena itulah kegiatan tersebut pun seringkali menggunakan jasa ekspedisi muatan kapal laut.

  • Ekspor dikenal sebagai kegiatan perdagangan yang dilakukan dengan mengeluarkan barang dari dalam keluar wilayah Indonesia
  • Impor merupakan kegiatan sebaliknya dari ekspor yaitu proses memasukkan barang yang berasal dari luar negeri ke dalam wilayah Indonesia.

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai beberapa ruang lingkup yang dimiliki layanan jasa ekspedisi muatan kapal laut / EMKL di Indonesia.

 

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *